Pages

Mengapa Cloth Diaper (popok kain modern yang bisa dicuci ulang) lebih baik?


Pemakaian popok kain modern sangat mudah...

Seperti memakaikan popok sekali pakai, tetapi popok kain lebih baik. Kenapa?

* Popok kain lebih nyaman dan sehat karena terbuat dari bahan yang lembut dan bersirkulasi udara.
* Dapat dicuci ulang.
* Tidak mengandung bahan pemutih (clorin) dan gel yang umumnya terkandung dalam popok sekali pakai, sehingga aman dan jauh lebih sehat untuk buah hati anda. Tidak menimbulkan ruam popok.
* Popok kain lebih ramah lingkungan
* Popok kain lebih ekonomis karena bisa digunakan untuk bayi baru lahir hingga usia 2 tahun (max 16kg),tidak percaya? Mari kita hitung bersama

Popok sekali pakai

Dalam 1 bulan

= 5 pcs x 30 hari x Rp.1.500 (harga rata-rata)

= Rp.225.000

= Rp.2.700.000/tahun atau Rp.5.400.000 dalam 2 tahun



Popok kain

Rata-rata penggunaan 6 pcs/hari dan 4-6 cadangan

Kita hitung max 12 pcs x Rp.77.000 = Rp. 924.000

Meskipun biaya awal popok kain lebih mahal, tapi ayah bunda akan menghemat banyak karena popok kain lebih tahan lama.



Jika merasa berat untuk membeli popok kain dalam sekali pembelian, belilah secara bertahap dan kombinasikan penggunaan popok kain dan popok sekali pakai terlebih dahulu. Setidaknya kombinasi ini mengurangi resiko pemakaian popok kain sekali. Jika jumlah popok kain yang dimiliki dirasa cukup untuk penggunaan 2-3 hari, maka lepaslah penggunaan popok sekali pakai dan beralihlah ke popok kain sepenuhnya.



Berikut pertanyaan yang mungkin ada di benak ayah bunda tentang cloth diapers. Semoga ayah dan bunda makin paham tentang cloth diapers selesai membaca tulisan berikut.



1. Apakah keuntungan menggunakan coth diapers?

Ada tiga manfaat dalam menggunakan cloth diapers, yaitu cloth diapers lebih ramah di “kantong” ibu karena menggunakan cloth diapers berarti ibu sudah berinvestasi jangka panjang; cloth diapers lebih ramah lingkungan karena reusable, mengurangi jumlah sampah dibandingkan dengan pemakaian popok sekali pakai; cloth diapers aman di kulit bayi karena tidak mengandung bahan kimia.



2. Apakah menggunakan cloth diapers berarti menambah pekerjaan dibandingkan dengan penggunaan disposal diaper yang langsung dibuang? Memang benar dengan menggunakan cloth diapers berarti ada pekerjaan tambahan. Tetapi jika dibandingkan dengan manfaat yang diperoleh, tentunya hal ini tidak merugikan. Volume cucian yang bertambah pun tidak signifikan. Ingat,apapun yang kita beli dan kita pakai pasti ada konsekuensinya. Tinggal kita memilih mana produk yang memiliki konsekuensi paling kecil dan banyak membawa manfaat. Bukan begitu?



3. Berapa sering cloth diapers harus diganti? Penggunaan cloth diapers tidak jauh berbeda dengan penggunaan disposal diapers, jika bayi tidak pup, Mom bisa mengganti cloth diapers setiap 3-4 jam, kecuali jika bayi sering pipis dan lapisan penyerap sudah jenuh air.



4. Apakah penggunaan cloth diapers dapat menyebabkan ruam popok? peluang terjadinya ruam popok akibat cloth diapers sangat kecil. Pertama karena cloth diapers tdk mengandung bhn kimia, dan kedua karena lapisan inner cloth diapers yg bergesekan langsung dengan baby's bum adalah bahan yg lembut. Jika selama ini si kecil sering ruam popok saat memakai disposal diapers, cobalah beralih ke cloth diapers. Sebagai ibu, kita pasti ingin yg terbaik untuk si buah hati kan?



5. Berapa banyak cloth diapers yang diperlukan? Untuk newborn, disarankan untuk mempunyai 12-15 cloth diapers, dengan asumsi dalam sehari newborn memakai cloth diapers 6-8 kali akibat intensitas pup yang masih sering. Dengan persediaan sejumlah tersebut, ibu masih punya cadangan untuk hari berikutnya. Untuk bayi usia sekitar 4 bulan atau lebih dari 6 kg, ibu bisa mengurangi jumlah cloth diapers menjadi minimal 8 buah, dengan asumsi pemakaian sehari adalah 4 buah cloth diapers dan ibu punya persediaan untuk 2 hari.



Jika ayahdan bunda merasa berat untuk membeli cloth diapers dalam sekali pembelian, belilah secara bertahap dan kombinasikan penggunaan cloth diapers dan disposal diapers terlebih dahulu. Setidaknya kombinasi ini mengurangi resiko pemakaian disposal diapers. Jika jumlah cloth diapers yang dimiliki dirasa cukup untuk penggunaan 2-3 hari, maka lepaslah penggunaan disposal diapers dan beralihlah ke cloth diapers sepenuhnya.



6. Apakah bayi bisa menggunakan cloth diapers jika bepergian keluar? Tentu bisa, tapi memang memerlukan aksesoris tambahan, seperti wetbag untuk menyimpan cloth diapers yang basah, dan nappy liner, atau lapisan tambahan, yang bisa langsung dibuang jika bayi pup



7. Bukankah mencuci cloth diapers berarti menggunakan banyak air, listrik dan tentunya menghasilkan limbah air cucian? Memang benar, mencuci cloth diapers membutuhkan air dan deterjen, dan pastinya akan menimbulkan limbah cucian terhadap lingkungan. Tapi ibu perlu tahu, bahwa limbah yang dihasilkan oleh disposal diapers jauh lebih besar jika dibandingkan dengan limbah yang dihasilkan oleh coth diapers.



8. Berapa lama cloth diapers layak pakai, dan apakah bisa diwariskan ke bayi lainnya? Berapa lama masa pakai cloth diapers tergantung berbagai factor, terutama wash and care. Pertanyaan ini akan sama dengan “Berapa lama sebuah baju yang kita beli layak pakai?”. Jawabannya tentu bisa beberapa bulan bagi satu orang dan bisa 1-2 tahun bagi yang lain. Tidak ada jawaban yang konkrit akan hal ini. bayai yang mempunyai 10-15 cloth diapers biasanya akan lebih lama masa awetnya jika dibandingkan dengan bayi yang mempunyai 5 cloth diapers, karena frekuensi pencucian cloth diapers milik bayi yang pertama akan lebih sedikit dibandingkan dengan bayi kedua yang dipastikan akan lebih sering mencuci akibat tidak ada persediaan cloth diapers yang mencukupi. Semakin sering satu jenis bahan dicuci, maka semakin cepat kerusakan yang terjadi.



(Source: www.bumwear.com dan berbagai sumber lainnya)



ini bukan hanya tentang berhemat, tapi juga tentang apa yg terbaik untuk buah hati dan lingkungan kita...




sebuah langkah kecil, untuk masa depan yang lebih baik

0 comments:

Posting Komentar

 

RUMAH ZAHRO DISTRIBUTOR CUDDLEME Copyright © 2009 Baby Shop is Designed by Ipietoon Sponsored by Emocutez